Perkenalan Tentang VBA

Perkenalan tentang VBA.
Awalnya saya tahu microsoft excel hanya mampu mengolah data seperti penambahan pengurangan, dan sebagainya, tapi ternyata telah ada tambahan aplikasi progrmamingnya VBA. Hahahah... saya memang ketinggalan jaman ternyata. 

VBA atau Visual Basic Application pada microsoft excel telah diaplikasikan pada MS office 97, MS Office 2000, MS Office 2002, MS Office 2003, MS office XP, MSOffice 2007, dan MS 2010. Penggunaan VBA dapat membantu dalam penyelesaian kasus perhitungan financial dan scientific. Aplikasi ini dapat membantu perhitungan dan analisisnya. 

Saya akan mencotohkan aplikasi VBA pada microsoft excel.

1.      Untuk mengaktifkan VBA pada Microsoft excel. Lakukan langkah berikut:



Pilih Excel Option à click Popular à click Show Developer tab in the ribbon -àclick ok


2.      Selanjutnya saya akan mulai mengerjakan masalah simple pada microsoft excel
Saya ingin menampilkan otomatis sell A1 sampai A5 dengan kata “AKU”
Selain itu saya ingin menambahkan angka di A6 dengan B6 tetapi hasilnya di C6
a.       Awalnya kita bikin tombol untuk merunning VBA-nya
b.      Klik developer à pilih Insertà click Command Button(Active X Control)à kemudian di drag pada lembar kerja excel
c.       Selanjutnya double click pada gambar hasil drag tersebut
d.      Kemudian Click di luar gambarnya à Double Click
e.       Maka akan muncul


Ketikan
Range("A1:A5").Value = "AKU"
Range("C6").Value = Range("A6").Value + Range("B6").Value
f. Selanjutnya tekan F5
g. Maka pada sheet-nya akan muncul


Coba masukan angka 1 pada A6 dan angka 16 pada B6. Kemudian click CommandButton1
Maka akan muncul 17 pada C6.



##Catatan Range adalah

Komentar